Tuesday, October 18, 2011

Shafa Marwah

Shafa dan Marwah adalah dua bukit yang melegenda. Kisah dua bukit ini dihubungkan dengan kisah Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, dan putranya Nabi Ismail. Berawal dari Nabi Ibrahim yang mendapatkan perintah dari Allah untuk meninggalkan istri dan anaknya di dekat Ka’bah. Sesampainya di sana, Ibrahim meninggalkan ibu dan anak itu untuk kembali ke Syam.
Naluri seorang suami dan ayah sebenarnya tak kuasa menahan gemuruh perasaan. Namun, perintah Allah harus dilaksanakan. Bapak para nabi ini kemudian berdoa menghadap Ka’bah yang diabadikan dalam Al-Quran, Surah Ibrahim, Ayat 37. ”Ya Allah aku tempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman, di dekat rumah-Mu yang dihormati, agar mereka mendirikan shalat, maka jadilah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rizkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur”.
Hajar hanya membawa perbekalan yang sedikit. Saat air dan kurma akhirnya habis, air susu sudah tidak keluar lagi, Ismail menangis lapar. Hajar berusaha mendapatkan minuman dan makanan, sementara itu Ismail ia tinggalkan sendiri. Ia berjalan ke bukit Shafa dan menaikinya kemudian melepaskan pandangannya ke depan jauh-jauh, ke kanan-kiri, barangkali ada orang yang dapat dimintai tolong. Kemudian ia berjalan dengan setengah berlari menuju bukit Marwa. Ia lakukan seperti di bukit Shafa.
Tak ia temukan air, makanan, atau siapa pun yang  dapat diminta tolong. Usahanya sudah maskimal dengan bolak-balik Shafa dan Marwa sampai tujuh kali dengan jarak total 2.835 m. Kembalilah ia ke tempat Ismail.
Malaikat Jibril datang, ketika kaki Ismail menghentak tanah, keluar air Zamzam yang kemudian dipakai oleh Hajar dan anaknya minum. Dengan air zamzam mereka hidup berhari-hari. Malah sebagian riwayat berbulan-bulan.
Peristiwa bolak-balik antara Shafa dan Marwa inilah yang diabadikan oleh Islam sebagai ibadah Sa’i yang termasuk dalam rangkaian ibadah Haji dan Umrah. Kemudian lokasi kedua tempat ini disebut Mas’a (tempat Sa’i).

0 comments em “Shafa Marwah”

Post a Comment


 

Renungkanlah Copyright © 2011 -- Template created by d@nte -- Powered by Blogger